Kami dan Kamu Kini Menyatu

2 Oct 2012

Cerita berawal sekitar 22 tahun yang lalu, disaat daerah Kami masih belum teraliri jaringan listrik PLN. Apabila ditelusuri dengan kendaraan, jarak menuju daerah kami tidak jauh dari jalan raya propinsi dan jalan raya kecamatan. Namun, entah kenapa waktu itu pelayanan jaringan listrik PLN masih begitu sulit disentuh.

Disadari hari ini, ternyata banyak faktor yang menyebabkan susahnya mendapat penerangan listrik ke tiap daerah di Indonesia. Mulai dari akses jalan yang susah ditembus kendaraan, sampai biaya yang harus dibayar begitu mahal (pada saat itu). Meski demikian, akhirnya sekarang daerah Kami menjadi terang.

Banyak cerita yang Kami kenang semasa dunia masih gelap tanpa Listrik, diantaranya :

  • Pergi ke kampung tetangga harus membawa obor atau lampu minyak
  • Urusan belajar, lobang hidung menghitam karena asap obor dan lampu minyak
  • Tidak ada elektronik, karena repot harus charge accu atau beli battery yang banyak
  • Alam sunyi senyap tanpa bising suara audio dan sound system

Itu perasaan dulu, semasa Saya masih kecil dan tidak tahu apa itu listrik dan fungsinya. Ternyata, dengan adanya listrik, perkembangan zaman berubah, banyak sekali peningkatan yang dihasilkan. Beberapa peningkatan yang kami rasakan adalah :

  • Hubungan telekomunikasi jadi mudah, bisa via telpon, pengeras suara masjid, dll
  • Sampainya informasi lebih gampang, karena kami bisa nonton TV dan mendengar Radio atau browsing via internet
  • Dulu, untuk membuat minyak kelapa harus parud kelapa sampai lelah. Kini bisa pakai mesin dan menghasilkan banyak parutan dan perasan
  • Pokonya banyak dehhh manfaat listrik

Tapi, saya sempat kaget juga. ketika saya tahu kalau proses untuk sampainya aliran listrik PLN itu ternya ada oknum yang menggunakan kesempatan untuk menipu. Singkat ceritanya begini, adalah sesorang yang datang menawarkan dan mengaku dari pihak PLN, ia menyodorkan semacam formulir pendaftaran. Bapak-bapak sekalian, kami dari petugas listrik, menawarkan supaya daerah ini bisa terang dengan aliran listrik. Adapun persyaratannya adalah begini-begitu.

Kampung Halaman

Kampung Halaman

Penduduk pun senang dan tanpa banyak tanya mengiyakan serta membayar di muka, sebab ingin segera daerah kami ada aliran listrik. Selang beberapa minggu, mereka datang kembali dengan laporan, bahwa daerah ini siap ada listrik dan menunggu tiang-tiang dikirim. Ternyata di bulan yang bersamaan, kampung lain pun telah meraka datangi untuk listrik serupa dan telah ada tiang yang menancap.

Wahh senangnya akan ada listrik, lantas persiapan instalasi kabel dan jaringan mulai dilakukan di tiap rumah kampung saya. Pada bulan berikutnya, ada laporan miring dari kampung sebelah yang telah ada tiang tadi. Kemana yahh orang PLN yang mau pasang listrik, kok tidak ada kabar sudah berbulan-bulan??

Mulailah warga kampung saya sedikit resah mendengar laporan tersebut, wah apakah kita akan ditipu oleh mereka, harus bagaimana ini?! Secara kebetulan, di bulan setelah pihak PLN laporan tentang akan dipasang tiang, mereka datang membawa tiang ke kampung kami. Tanpa banyak cerita, Pihak warga menekan mereka (si Oknum), kalau sampai listrik ini tidak sampai, maka akan kami laporkan ke pusat, karena kami punya saudara OPAL (operasi lapangan) PLN. Adanya tekanan tersebut, tidak lama aliran listrikpun hadir ke kampung kami dan menyala. Namun, kasihan nasib kampung tetangga, hanya tiang yang menancap dan tidak ada aliran listrik. Karena sang oknum memang ketahuan menipu, kabur dan ditangkap pihak berwenang.

Itulah cerita Kami dan Kamu kini Menyatu, Kami (warga kampung) Kamu (Sang aliran listrik) menjadi tak bisa dipisahkan. Semoga kini pihak PLN bisa lebih tegas memilah dan memilih para petugas dan rekan kerja. Sehingga pancaran cahaya dan daya benar-benar tersalurkan sesuai harapan.

Kita sebagai pengguna, mari menghemat energi supaya listrik ini tetap tersedia untuk anak cucu dan keturunan dari bangsa ini. Selain itu, bantu juga pihak PLN untuk mengawasi oknum yang tidak bertanggung jawab dalam pelaksanaannya. Karena kita butuh, maka kita harus patuh dan menjaganya.

SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT, Ayo Dukung Aku dan PLN kurang lebihnya silahkan komentar


TAGS Bacaan Blog Detik SEO Kontes


-

Author

Follow Me